TugasMandiri DosenPembimbing
Workshop Matematika Defi,
S,Pd
Oleh:
FauzaniAzima
11115200689
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA/4D
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF
KASIM RIAU
PEKANBARU
1434H / 2013 M
KATA PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah swt atas rahmat dan karunia-Nya,
sehingga makalah “Pemanfaatan
Lingkungan Sekitar dalam Pembelajaran Matematika” ini selesai pada waktunya,
dan salawat beserta salam dikirimkan kepada Nabi Muhammad saw.
Selanjutnya terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dalam kesuksesan makalah ini.
Masih banyak kekurangan dalam makalah ini, kritik dan saran dari pembaca diterima
dengan senang hati.Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Diantara hal-hal penting dalam proses belajar mengajar
antara lain adalah metode mengajar dan
media pengajaran. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi
dalam proses belajar. Oleh sebab itu
para pengajar dituntut agar mampu menggunakan
alat-alat yang disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat
tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Maka, guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan
alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana seperti barang-barang bekas
serta guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media
pengajaran.
B.
Rumusan Masalah.
Makalah ini berisi
penjelasan tentang LingkunganSekitar yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran matematika.
C.
Tujuan Penulisan.
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok
yang diberikan oleh dosen pengampu Workshop Matematika dan bias menambah pengetahuan
bagi mahasiswa.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR
A. Pemanfaatan Bambu
Bambu merupakan media pembelajaran matematika
yang dapat diperoleh dari lingkungan
sekitar. Bambu bias dimanfaatkan untuk
membuat jaring-jaring bangun
ruang seperti balok, kubus, limas dan lain-lain. Meskipun sekarang telah banyak
jaring-jaring bangun ruang yang terbuat dari plastic dan dijual dengan berbagai
harga.Tapi tidak banyak sekolah yang memiliki alat peraga tersebut. Sebagai guru, kita bias mengajak siswa-siswa
untuk berkreasi membuat jaring-jaring bangun ruang ini dengan memanfaatkan bambu.
B.
Cara pembuatan
1.
Bahandanalat
a.
Bambu
b.
Paku triplek
c.
Tali
2.
Cara Pembuatan
a.
Bersihkan bambu yang ingin kita gunakan
b.
Beri warna bambu dengan cat sesuai keinginan kita.
c.
Potong bambu sesuai ukuran jaring-jaring bangun
ruang yang ingin kitab uat.
d.
Perkuat dengan paku tempat terjadinya penyambungan
bamboo atau titik sudut bangun ruang dan lilit dengan tali.
C.
Manfaat Pembelajaran.
Media pembelajaran bangun ruang ini
bias digunakan dalam pembelajaran bangun ruang di SD, SMP, SMA bahkan sampai kuliah.
Jika dilihat dari bahan yang digunakan memang murah meriah dan sederhana karena
memanfaatkan bahan dari alam dan bisa dibuat sendiri.
D.
Contoh Pengaplikasian
Jaring-jaring
balok
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Banyak
sekali manfaat yang terkandung di Alam. Allah menciptakan alam semesta beserta isinya
dengan berbagai manfaatnya. Kita sebagai manusia yang berpendidikan bias menggunakan
ilmu yang kita miliki untuk memanfaatkannya.
Begitu
juga dengan ilmu matematika, begitu banyak media pembelajaran sebagai alat
bantu mengajar matematika yang bias dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika
itu sendiri. Misalnya saja bambu
yang biasanya digunakan untuk membuat kandang atau pagar dapat digunakan
sebagai bahan untuk pembelajaran dengan dijadikan bahan untuk membuat
jaring-jaring bangun ruang.
B.
Saran
Guru
hendaklah mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak
tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan
zaman. Selain itu, guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan
efisien yang meskipun sederhana dan guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman
yang cukup tentang media pengajaran. Oleh karena itulah, bagi calon-calon guru
sangat perlu mempelajari media pembelajaran ini yang berguna bagi mereka ketika
mengajar kelak.