Wednesday, April 17, 2013

Pemanfaatan Lingkungan Sekitar



TugasMandiri                                                                          DosenPembimbing
Workshop Matematika                                                            Defi, S,Pd

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Oleh:
FauzaniAzima
11115200689


JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA/4D
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
1434H / 2013 M
KATA PENGANTAR

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah swt atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga makalah “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pembelajaran Matematika” ini selesai pada waktunya, dan salawat beserta salam dikirimkan kepada Nabi  Muhammad saw.
Selanjutnya terima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu dalam kesuksesan makalah ini.
Masih banyak kekurangan dalam makalah ini, kritik dan saran dari pembaca diterima dengan senang hati.Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.


Penulis







BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Diantara hal-hal penting dalam proses belajar mengajar antara lain  adalah metode mengajar dan media pengajaran. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Oleh sebab itu para pengajar dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Maka, guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana seperti barang-barang bekas serta guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pengajaran.

B.  Rumusan Masalah.
Makalah ini berisi penjelasan tentang LingkunganSekitar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

C. Tujuan Penulisan.
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok yang diberikan oleh dosen pengampu Workshop Matematika dan bias menambah pengetahuan bagi mahasiswa.






BAB II
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR


A.  Pemanfaatan Bambu
Bambu merupakan media pembelajaran matematika yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar. Bambu bias dimanfaatkan untuk membuat jaring-jaring bangun ruang seperti balok, kubus, limas dan lain-lain. Meskipun sekarang telah banyak jaring-jaring bangun ruang yang terbuat dari plastic dan dijual dengan berbagai harga.Tapi tidak banyak sekolah yang memiliki alat peraga tersebut. Sebagai guru, kita bias mengajak siswa-siswa untuk berkreasi membuat jaring-jaring bangun ruang ini dengan memanfaatkan bambu.

B.     Cara pembuatan
1.    Bahandanalat
a.    Bambu
b.    Paku triplek
c.    Tali

2.    Cara Pembuatan
a.    Bersihkan bambu yang ingin kita gunakan
b.    Beri warna bambu dengan cat sesuai keinginan kita.
c.    Potong bambu sesuai ukuran jaring-jaring bangun ruang yang ingin kitab uat.
d.   Perkuat dengan paku tempat terjadinya penyambungan bamboo atau titik sudut bangun ruang dan lilit dengan tali.

C.    Manfaat Pembelajaran.
Media pembelajaran bangun ruang ini bias digunakan dalam pembelajaran bangun ruang di SD, SMP, SMA bahkan sampai kuliah. Jika dilihat dari bahan yang digunakan memang murah meriah dan sederhana karena memanfaatkan bahan dari alam dan bisa dibuat sendiri.

D.    Contoh Pengaplikasian

Jaring-jaring balok







 
 


BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Banyak sekali manfaat yang terkandung di Alam. Allah menciptakan alam semesta beserta isinya dengan berbagai manfaatnya. Kita sebagai manusia yang berpendidikan bias menggunakan ilmu yang kita miliki untuk memanfaatkannya.
Begitu juga dengan ilmu matematika, begitu banyak media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar matematika yang bias dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika itu sendiri. Misalnya saja bambu yang biasanya digunakan untuk membuat kandang atau pagar dapat digunakan sebagai bahan untuk pembelajaran dengan dijadikan bahan untuk membuat jaring-jaring bangun ruang.

B.  Saran
Guru hendaklah mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Selain itu, guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pengajaran. Oleh karena itulah, bagi calon-calon guru sangat perlu mempelajari media pembelajaran ini yang berguna bagi mereka ketika mengajar kelak.