Workshop Matematika Defi, S,Pd
PERMAINAN MATEMATIKA
(TTS KaBaTaKu)
(TTS KaBaTaKu)
Fauzani Azima
11115200689
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA/4D
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN
SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
1434H / 2013 M
KATA PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan kehadirat
Allah swt atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga makalah “Permainan Matematika”
ini selesai pada waktunya, dan salawat beserta salam dikirimkan kepada Nabi Muhammad saw.
Selanjutnya terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dalam
kesuksesan makalah ini.
Masih banyak kekurangan dalam makalah ini, kritik dan saran dari pembaca
diterima dengan senang hati. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Matematika selama
ini dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan dan membosankan bagi siwa pada
umumnya. Hal ini disebabkan kareana matematika hanya monoton dengan angka tanpa
adanya sesuatu yang menyenangkan.
Oleh sebab itu guru
sebagai orang yang dipedomani siswa harus mampu membuat matematika menjadi
menyenangkan, salah satunya dengan membuat permainan-permainan yang
menyenangkan namun tetap mempunyai unsur matematika.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana permainan TTS KaBaTaKu
itu ?
2.
Konsep matematika apa yang
didapatkan ?
3.
Bagaimana bentuk dan cara
permainan nya?
C.
Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penulisan makalah ini adalah :
1.
Mengetahui permainan TTS KaBaTaKu
2.
Mengetahui konsep matematika yang
didapatkan dari permainan ini
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Permainan TTS KaBaTaKu
Alat permainan adalah kertas yang sudah mempunyai susunan
angka dan simbol KaBaTaKu yang disusun secara selang-seling.
Cara bermain
Permainan dilakukan dengan
berpedoman pada peraturan sebagai berikut:
1.
Permainan dapat dilakukan secara
individu maupun kelompok
2.
Pemain adalah orang yang sudah belajar penambahan, pengurangan, perkalian
dan pembagian.
3.
Pemain melihat jawaban yang tersedia dan mencari distribusi dari kotak di
sebelahnya, distribusi dapat horizontal atau vertikal
B.
Konsep Matematika
Konsep matematika yang diperoleh
dari permainan ini yaitu :
1. Konsep
Penjumlahan
2. Konsep Pengurangan
3. Konsep
Perkalian
4. Konsep
Pembagian
Kegiatan psikomotorik
permainan ini mengarah kepada aspek kognitif, tetapi tetap dapat dibarengi oleh
aspek afektif yang harus ditanamkan, yaitu sebagai berikut:
1. Kritis dan
Teliti.
2. Kemampuan
Eksplorasi
3. Berani
melangkah dan membuat keputusan
4. Percaya diri
5. Demokrasi,pada permainan kelompok setiap
pemain mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam bermain.
6. Kerjasama yang baik, didapat pada
permainan kelompok
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Matematika bukan lagi pelajaran yang
membosankan, karena dengan digunakan permainan matematika menjadi lebih
menyenangkan.
Serta dengan adanya permainan TTS
KaBaTaKu ini siswa menjadi lebih mahir dalam hal KaBaTaKu yang merupakan
komponen dasar dalam matematika.
B. Saran
Diharapkan kepada para pendidik
untuk lebih aktif dan kreatif menggunakan permainan yang cocok dalam proses
pembelajaran, sehingga materi yang disampaikan menjadi lebih menyenangkan.
No comments:
Post a Comment