Thursday, March 7, 2013

TTS KaBaTaKu



Tugas Mandiri                                                                         Dosen Pembimbing
Workshop Matematika                                                                Defi, S,Pd


PERMAINAN MATEMATIKA
(TTS KaBaTaKu)


Fauzani Azima  
11115200689



JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA/4D
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
1434H / 2013 M

KATA PENGANTAR

Puji  syukur dipanjatkan kehadirat Allah swt atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga makalah “Permainan Matematika” ini selesai pada waktunya, dan salawat beserta salam dikirimkan kepada Nabi  Muhammad saw.
Selanjutnya terima kasih kepada semua pihak  yang  telah membantu dalam kesuksesan makalah ini.
Masih banyak kekurangan dalam makalah ini, kritik dan saran dari pembaca diterima dengan senang hati. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.


Penulis









BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Matematika selama ini dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan dan membosankan bagi siwa pada umumnya. Hal ini disebabkan kareana matematika hanya monoton dengan angka tanpa adanya sesuatu yang menyenangkan.
Oleh sebab itu guru sebagai orang yang dipedomani siswa harus mampu membuat matematika menjadi menyenangkan, salah satunya dengan membuat permainan-permainan yang menyenangkan namun tetap mempunyai unsur matematika.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana permainan TTS KaBaTaKu itu ?
2.      Konsep matematika apa yang didapatkan ?
3.      Bagaimana bentuk dan cara permainan nya?

C.     Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.      Mengetahui permainan TTS KaBaTaKu
2.      Mengetahui konsep matematika yang didapatkan dari permainan ini






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Permainan TTS KaBaTaKu
Alat permainan adalah kertas yang sudah mempunyai susunan angka dan simbol KaBaTaKu yang disusun secara selang-seling.
Cara bermain
Permainan dilakukan dengan berpedoman pada peraturan sebagai berikut:
1.      Permainan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok
2.      Pemain adalah orang yang sudah belajar penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
3.      Pemain melihat jawaban yang tersedia dan mencari distribusi dari kotak di sebelahnya, distribusi dapat horizontal atau vertikal

B.   Konsep Matematika
Konsep matematika yang diperoleh dari permainan ini yaitu :
1.      Konsep Penjumlahan
2.      Konsep Pengurangan
3.      Konsep Perkalian
4.      Konsep Pembagian

 Kegiatan psikomotorik permainan ini mengarah kepada aspek kognitif, tetapi tetap dapat dibarengi oleh aspek afektif yang harus ditanamkan, yaitu sebagai berikut:
1.    Kritis dan Teliti.
2.    Kemampuan Eksplorasi
3.    Berani melangkah dan membuat keputusan
4.    Percaya diri
5.    Demokrasi,pada permainan kelompok setiap pemain mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam bermain.
6.    Kerjasama yang baik, didapat pada permainan kelompok

                                                            



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Matematika bukan lagi pelajaran yang membosankan, karena dengan digunakan permainan matematika menjadi lebih menyenangkan.
Serta dengan adanya permainan TTS KaBaTaKu ini siswa menjadi lebih mahir dalam hal KaBaTaKu yang merupakan komponen dasar dalam matematika.

B.     Saran
Diharapkan kepada para pendidik untuk lebih aktif dan kreatif menggunakan permainan yang cocok dalam proses pembelajaran, sehingga materi yang disampaikan menjadi lebih menyenangkan.














No comments:

Post a Comment